Makna Dibalik 5 Patung Di Jakarta

May182013
Patung Selamat Datang, Patung Pancoran atau Patung Dirgantara, pasti pernah melihatnya bukan? Tapi ada yang tau tidak? Makna di balik patung-patung tersebut? Ini dia

Makna Dibalik 5 Patung Di Jakarta


1. Patung Selamat Datang

Patung Selamat Datang dibangun buat nyambut para atlit peserta Asian Games IV tahun 1962. Patung ini ada di depan gedung Hotel Indonesia yang mana berdiri persis diatas air mancur bunderan HI. Patung perunggu ini dibuat sama Edhi Sunarso, dan dirancang sama Henk Ngantung mantan Gubernur Jakarta. Sesuai sama namanya, patung ini berdiri untuk ngasih salam selamat datang buat para pendatang karena emang patung ini ngadep ke arah Kota (Utara) sebagai pusat bisnis, perdagangan dan pendatang dari pelabuhan waktu itu.

Disekitar patung ini ada lima formasi Air Mancur yang dijadiin simbol ideologi Negara Republik Indonesia, Pancasila. Katanya sih ini juga jadi simbol dari tanda memberi salam kepada kota Jakarta sebagai kota Ibu Negara dan Kota Metropolitan dengan formasi ucapan Selamat Pagi, Selamat Siang, Selamat Petang, Selamat Malam dan Selamat Hari Minggu. Maksudnya Jakarta emang gak pernah tidur kali yeee..


2. Patung Arjuna Wijaya/ Patung Asta Brata

Patung Arjuna Wijaya yang dibangun Agustus 1987 ini ngegambarin Arjuna dalam perang Baratayudha yang kereta perangnya 'disetirin' sama Batara Kresna. Adegan patung karya pematung Nyoman Nuarta itu diambil dari fragmen waktu mereka melawan Adipati Karna. Kereta itu ditarik delapan kuda, yang melambangkan delapan ajaran kehidupan yang diidolai oleh Presiden Soeharto. Asta Brata itu meliputi falsafah bahwa hidup harus mencontoh bumi, matahari, api, bintang, samudra, angin, hujan dan bulan. Di bagian patung itu nempel prasasti yang bertuliskan 'Kuhantarkan kau melanjutkan perjuangan dengan pembangunan yang tidak mengenal akhir.'

Pada waktu pembuatannya, karena keterbatasan dana, akhirnya patung itu dibuat dari bahan poliester resin yang punya kelemahan mudah rapuh jika terkena sinar ultraviolet. Emang kebukti kok kalu patung ini mulai keropos, sampe akhirnya tahun 2003, patung ini direnovasi dengan menelan biaya 4M (4 miliar, bukan 4 meter!!!) dan material patungnya diganti dengan bahan tembaga.


3. Patung Dirgantara

Patung yang ada didaerah pancoran ini dirancang sama Edhi Sunarso sekitar tahun 1964 - 1965 dengan bantuan dari Keluarga Arca Yogyakarta atas permintaan Bung Karno buat nampilin keperkasaan dan kekuatan angkatan udara bangsa Indonesia. Patung ini ngadep ke Utara dengan tangannya mengacung ke bekas Bandar Udara Internasional Kemayoran. Lokasinya deket sama Markas Besar Angkatan Udara di Selatannya dan Bandar Udara Domestik Halim Perdana Kusuma di Tenggaranya. Karena bertempat di kawasan Pancoran makanya patung ini sering dibilang patung Pancoran. Oia, ada gosip yang bilang kalo Presiden Soekarno harus jual mobilnya buat ngebiayain pembuatan patung ini.


4. Patung Pahlawan

Patung ini dibuat buat ngasih penghargaan pada para pejuang kemerdekaan Indonesia, dilambangin dengan seorang laki-laki yang make caping, nyandang senapan dan lagi minta restu pada wanita yang ada disisinya untuk maju ke medan perang. Mungkin karena suka pake caping itu kali yaa orang-orang jadi bilangnya itu patung Pak Tani. Tapi katanya sih, patung ini juga simbolisasi gerakan politik petani.

Ide patung ini dimulai waktu Soekarno ke Moskow dan doi terkesan banget sama patung-patung yang ada disana. Kemudian Presiden Rusia saat itu ngenalin Soekarno ke seniman patung, Matvei Manizer dan anaknya Otto Manizer. Mereka pun diundang dateng ke Indonesia untuk ngebuat patung yang melambangkan semangat kemerdekaan. Disinilah kedua pematung itu berkelana dan nemuin legenda Jawa Barat yang berkisah tentang seorang Ibu yang mengiringi anaknya untuk pergi berperang. Sang Ibu ngasih semangat supaya memenangkan setiap peperangan dan selalu inget sama orang tua dan negaranya. Patung perunggu ini dibuat di Rusia dan dibawa ke Indonesia pake kapal laut, diresmikan tahun 1963 oleh Presiden Soekarno dan pada papan di monumen ini tertulis "Bangsa yang menghargai pahlawannya adalah bangsa yang besar".


5. Patung Pemuda Membangun

Patung ini dibuat sebagai penghargaan untuk pemuda dan pemudi dalam keikut sertaannya pada pembangunan Indonesia. Patung ini dilambangin sama seorang pemuda gagah dan kuat sedang memegang piring berisi api yang tak pernah padam sebagai perwujudan semangat pembangunan yang tak pernah mati. Awalnya direncanain untuk diremiin di Hari Sumpah Pemuda tanggal 28 Oktober 1971, tapi karena pembangunan belum selesai akhirnya diresmiin pada bulan Maret 1972. Patung ini terletak di Bunderan Senayan, tempat strategis sebagai titik temu antara Senayan sebagai pintu gerbang Jakarta Pusat dengan area Jakarta Selatan.


6................

Tunggu-tunggu, kok 6?? Kan yang di bahas cuma 5? Ini Patung apa ya???

Source.


Jadilah yang pertama di antara teman-temanmu yang menyukai ini


Share and like :
Enak Murah
Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter

Komentar

15 tanggapan untuk "Makna Dibalik 5 Patung Di Jakarta"

semrawut pada 12:53, 18-Mei-13

Masuk berita apa nih sob ?
Sejarah ya

musik indonesia pada 13:04, 18-Mei-13

Yg terakhir patung nyolong monas haha

se7en pada 13:08, 18-Mei-13

Udah pernah bCa mas sob. . biggrin biggrin
tpi yg terakhr keren. . Wakwkkk. . biggrin biggrin biggrin mau di bwa kmana tuh monas. . ?? biggrin

Rahmad Triaji pada 13:09, 18-Mei-13

waduh. .mau di maling tuh monasnya sob biggrin

Jaey McDonald pada 14:37, 18-Mei-13

Yg 6 patung ice cream sob, hehee

XtReaM pada 14:39, 18-Mei-13

patung ke 6 tu apa ya sob biggrin

Bhotca pada 14:56, 18-Mei-13

oh gtu y,, bru tau sya..

Risky Dhe pada 15:16, 18-Mei-13

thx U guys udah mampir smile

haha nomor enam lucu tuh...
Hahahaha... biggrin

Eko27 Mobile Blog pada 15:29, 18-Mei-13

Yg ke 6 patung dirgantara lagi lempar lembing pake MoNas smile

Mediana Saputra pada 17:40, 18-Mei-13

wkwk..
gokil yg bawah..

Risky Dhe pada 01:27, 19-Mei-13

@Eko27 Mobile Blog,
Lempar Lembing termahal lol

Zetsu pada 03:27, 19-Mei-13

Hmm dadi ngunu yo kang

Bima Wap pada 03:57, 19-Mei-13

hadir sobat

kunbalnya tak tunggu

BLOG RIEF pada 05:13, 19-Mei-13

Lw ptung ane mknax pa y cheesy-grin he.he
http://d-rief.mywapblog.com/cara-menghubungkan-facebook-ke-twitter.xhtml

Risky Dhe pada 05:50, 19-Mei-13

emang patung ente apa sob??
Haha biggrin

Langganan komentar: [RSS] [Atom]

Komentar Baru

[Masuk]
Nama:

Email:

Komentar:
(Beberapa Tag BBCode diperbolehkan)

 
Kembali ke Atas